Hubungi Kami

Telp (021) 8265 2230
HP 0812 8035 6437 (WA)
EMAIL harazaki.shop@yahoo.com
Jl. NUSANTARA RAYA A4 NO.11 Aren Jaya BEKASI
Diberdayakan oleh Blogger.

Temukan Kami

Ada baiknya Jangan mencopot aki mobil sebelum kami datang ditempat, mencopot aki dalam durasi yang lama bisa menyebabkan kerusakan pada sistem ECU kendaraan anda. Free!!! Cek dinamo amper (request pada saat pemesanan)

Tips menambah kapasitas altenator dan aki pada mobil


Kali ini kita akan membahas mengenai altenator pada mobil dan hubungannya dengan aki, dan aman kah bila menambah daya kapasitas kedua komponen tersebut?

          Beberapa hari yang lalu ada konsumen datang ke toko untuk bertanya tentang kebutuhan aki, sebelum membeli konsumen ini banyak bertanya tentang kapasitas amper yang cocok untuk pemakaian di mobil Honda Jazz. Pada awalnya saya menawarkan aki ukuran standar honda jazz yakni 35 ah (NS40ZL), namun bapak ini kembali mengatakan bahwa mekanik bengkel ditempat beliau merencanakan menambah beberapa fariasi audio system dan lampu fariasi mengatakan bahwa ada baiknya ganti aki dengan kapasitas yang lebih tinggi. saya kemudian menawarkan aki 45 ah tapi dengan fisik yang sama dengan ukuran 35 ah standar honda jazz. pasalnya dudukan aki di dalam honda jazz lebih kecil, kalau dipaksa pakai aki yang ukuran lebih besar tidak dimungkinkan. Dengan nego harga yang cukup alot alias lama (he..he..he..) bapak ini akhirnya membawa pulang aki type khusus NT60-S4L dengan kapasitas 45 ah namun fisiknya tetap sama dengan fisik ukuran standar 35 amper.

       Disela-sela nego harga aki layaknya penjual dan pembeli, bapak ini banyak bertanya tentang cara seharusnya untuk menambah kapasitas kelistrikan didalam mobil dan apa saja resikonya, pasalnya banyak variasi tambahan yang membutuhkan daya kelistrikan yang lebih banyak. dengan sedikit pengalaman saya pun berbagi dengan beliau.

         Karna saya sangat berkesan, saya juga ingin berbagi buat konsumen-konsumen lainnya melalui website ini, sebelumnya menulis ini saya juga banyak membaca tips dibeberapa sumber lainnya untuk terus menambah pengetahuan. berikut yang saya dapatkan :

        Pada dasarnya altenator atau sering disebut dinamo amper adalah sumber kelistrikan yang memasok arus yang dibutuhkan oleh komponen di dalam mobil, sedangkan aki atau baterai adalah sebagai tempat penyimpanan arus ketika kendaraan pada posisi mati. setelah mobil dihidupkan aki tidak lagi bekerja sendiri, altenator mengambil alih untuk mengalirkan arus kedalam aki untuk selanjutnya dialirkan ke komponen di dalam mobil dan aki juga berperan untuk menstabilkan arus listrik dari altenator karna aliran arus dari altenator naik turun mengikuti kecepatan mesin. supaya tidak terjadi overcas alternator dilengkapi dengan pengaman limiter yang memutuskan arus dari alternator ketika aki sudah penuh.
Ketika mobil membutuhkan daya kelistrikan lebih banyak karna penambahan beberapa fariasi yang membutuhkan arus maka yang lebih utama diupgrade adalah kapasitas altenator tapi ada baiknya untuk menambah daya aki untuk menyimpan arus listrik dimaksud.

         Pada umumnya orang berpikir bahwa untuk menambah daya kelistrikan fokusnya selalu pada aki, saya ingin menjelaskan lagi bahwa altenator adalah komponen utama dalam menghasilkan daya listrik. seberapa besar aki yang dipakaipun kalau altenator tidak mendukung alhasil adalah sia-sia. 

Lalu apa fungsinya jika aki diupgrade?? fungsinya adalah daya starter akan lebih kuat, ini dikarenakan karna tekanan arus yang lebih memadai dari penyimpanan arus listrik ketika mobil dalam posisi mati. fungsi lain adalah umur aki yang kemungkinan bisa lebih panjang seiring dengan besarnya kapasitas penyimpanan. tetapi untuk lebih aman, ketika kapasitas alternator dinaikan akan lebih baik jika kapasitas aki juga mengikuti.

Tips lainnya :

Aki yang diupgrade jangan melebihi kapasitas altenator, misalnya altenator 45 ah maka kapasitas aki maksimal 45 ah, jika dayanya masih kurang sebaiknya ganti alternator terlebih dahulu.

Jangan menurunkan kapasitas aki dari standar bawaan mobil 

sebaiknya Minimalkan pemakaian variasi supaya tidak harus mengupgrade altenator

Kalau terpakasa harus menggunakan variasi yang sangat banyak, ada baiknya konsultasikan keseimbangan kapasitas alternator dan kapasitas aki untuk menghitung daya yang dibutuhkan sesuai daya tambahan yang diperlukan oleh fariasi tambahan kepada bengkel dinamo kepercayaan anda.

Mengganti alternator dan aki jika melebihi satandar upgrade akan direpotkan masalah tempat dan dudukan didalam kap mobil.



Tapi yang sudah kebelet masang variasi berlebihan jangan kuatir kalau sudah niat dan hobi maka tidak ada yang mustahil semuanya pasti ada solusi asal kita mau bertanya dan belajar memahami.
Semoga berhasil...!!!!

PEMESANAN : Tips menambah kapasitas altenator dan aki pada mobil

CARA PEMESANAN :

Untuk Pembelian Atau Pemesanan Bisa Melalui Telepon Langsung Atau Untuk Pemesanan Cepat Dengan Hanya SMS Customer Service Kami.

HUBUNGI VIA Call Center Yang Bisa Dihubungi
TELEPHONE (021) 8265 2230
HP 0812 - 8035 6437 / 0812 - 2721 6459
WhatsApp 0812 8035 6437

Dengan Menyertakan Nama Lengkap, Alamat Lengkap, Produk Yang Anda Pesan.

MOTTO HARAZAKI SHOP :


KAMI AKAN SIAP MELAYANI ANDA DENGAN SEPENUH HATI

12 komentar:

  1. Anonim21:07

    saya joe, menarik sekali tulisannya, baik, saya mau menanyakan kalau mobil xenia all new 1300 mau ganti accu ke 45 A , apakah alternator bawaan masih bisa mencukupi atau harus upgrade juga? terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Venia all new 1300 bisa upgrade ke 45 ah, Altenator bawaan pabrikan masih mendukung. Dari pabrikan, posisi dudukan accu juga sudah didesain untuk sewaktu-waktu bisa upgrade ke 45 ah.

      Hapus
  2. Anonim15:03

    bos, klo honda brio alternatornya maksimal berapa ampere ya ? rencana mau upgrade ke 45 Ah kalau memang sampai segitu batasnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk honda brio dianjurkan untuk memakai maksimal 35 amper. posisi dudukan aki tidak memungkinkan untuk upgrade ke 45 amper. yang 35 amper juga sebenarnya sudah cukup untuk honda brio.

      Hapus
  3. juraagan, saya mau tanya. kalau untuk ayla, saya mau upgrade audio power, speakeer split dan subwofer. upgrade altenator atau upgrade akinya? mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya diupgrade keduanya, hanya saja akan direpotkan dibagian dudukan aki yang harus dimodifikasi lagi.

      Hapus
  4. Punya saya mau tambah amper. Masalah gak bos soalnya aki bawaan saya drop gak mampu stater. Saya ada tambahan lampu HID sama klakson keong. Baru d tambah air sama d cass paginya udah drop lagi. Solusinya gimana bos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uuntuk meng-upgrade amper tidak ada masalah selama dudukan aki didalam mobil masih mencukupi dan rekomended pabrik (biasanya dudukan aki dibuat lebih besar. Jika aki masih baru tetapi cepat ngedrop, disarankan untuk cek kekuatan altenator, pastikan alternator berada pada angka 13,6 s/d 14,8 (normal). cek memakai tester digital yang umumnya dipakai dibengkel dan toko aki.

      Hapus
  5. Mas,saya punya avanza veloz matic,dan saya mau upgrade accu jadi 65 A..apakah alternator standar bisa mencukupi?soalnya saya mau pasang banyak aksesoris

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksimal upgrade untuk avanza adalah 45 Amper rekomendasi pabrik. jika memasang aksesoris berlebihan dapat merusak kinerja aki dan berdampak pada umur aki yang singkat. jika ingin diupgrade lebih dari 45 Amper disarankan untuk upgrade alternator untuk menyeimbangkan pengisian. Tindakan ini bisa merubah tatanan dan dudukan aki di dalam mobil.

      Hapus
  6. Terimakasih sudah mampir Pak Mahfud.

    BalasHapus

Kami sangat menghargai jika para pelanggan anonim (tidak punya akun google) bersedia mencantumkan Nama dan Alamat untuk kebaikan bersama..

ORDER SEKARANG

ORDER SEKARANG
KLIK UNTUK ORDER

Follow Me